Hari Valentine Di Jepang

Mungkin senpai senpai udah pada tau tentang ini, tapi ane pengen share tentang Valentine day dan White day .
Ide ini muncul spontan sih. Gara gara inget sama Conan. Nah di dalam  Conan itu ada Hari valentine ada White Day. trus anne googling cari perbedaanya.

Jadi, ternyata di Jepang ada dua kali perayaan Valentine. Yakni, tanggal 14 February dan 14 Maret (White Day).
Kalo tradisi di Indonesia,dan beberapa negara lain,saat Valentine, wanitalah yag di beri coklat dari si pria, namun di Jepang kebalikaanya.
Wanitalah yang memberi coklat pada pria.
Nah, pemberian coklat itu jelas tidak gratis, karena 1 bulan kemudian, si pria harus balik memberi si wanita yg memberrinya coklat.
Dan karena biasanya bingkisaanya berwarna putih, maka di sebut White Day.

Ada beberapa Jenis coklat yang biasa dibagikan para wanita (saat valentine) dan pria(white day) di Jepang.
untuk lebih jelasnya ada di Sini

Ternyata Valentine di jepang juga ada sejarahnya. Berikut ;
Sejarah Valentine di Jepang

Sejarah Valentine di Jepang berawal dari sebuah toko kue “morosov” di kobe, yg berinisiatif mengiklankan produksi cokelatnya bertajuk “cokelat valentine” di sebuah majalah (12 februari 1936) dalam negeri. Kemudian, bulan februari 1958 merry chocolate company melakukan promosi “valentine sale” di sebuah toko bernama isetan yang berkantor pusat di shinjuku. Namun sayang, tampaknya tidak laris terjual. Penjualan di isetan tersebut pada tahun pertama selama tiga hari tercatat hanya terjual 3 lempengan cokelat termasuk kartu pos seharga 170 yen.

Barulah pada tahun 1968, seorang produser sony bernama Teruo Morita mencoba untuk mempopulerkan hal mengirim cokelat kepada toko kelontong khusus impor yang bekerja sama dengan perusahaannya dengan slogan “Valentine’s Day di Jepang Kami yang Buat – Nihon no Valentine’s Day wa Uchi ga Tsukutta”. Berkat kerja keras tersebut, masyarakat mulai mengenal valentine day dan tradisi berkirim cokelat pada hari valentine ini telah membudidaya dalam kehidupan masyarakat jepang hingga sekarang.


Nah, sekian pembahasan singkat ane mengenai White Day dan Valentine.
kalo sedikit garing harap di maklumi. hehe

Previous
Next Post »